Cara mudah membedakan lubang belut, kepiting dan ular (ciri-ciri khusus)

Hobi ngurek? bagi senior ngurek yang sudah lama melakukan hal ini mungkin sudah terbiasa menentukan jenis lubang yanga ada, apakah termasuk lubang belut, ular atau kepiting sehingga tak salah memasukan kail urek kedalam lubang, meskipun sekilas nampak sama antara semua lubang yang ada di kolam, sawah, rawa, tambak dan spot ngurek lainnya, namun karena sudah terbiasa dan berpengalaman maka mereka tak kesulitan menentukan lubang mana yang didalamnya terdapat belut atau ular.

tak jarang para pemancing pemula yang justru mendapatkan ular ketika strike, yang diharapkan adalah mendapatkan belut babon besar karena lubangnya berada di pinggir kolam empang, sedangkan kenyataannya adalah mendapatkan ular kadut yang memang bersarang di dalam lubang tersebut, bagi yang tidak takut ular mungkin biasa saja ketika mereka ngurek dan mendapatkan ular, namun bagi yang takut maka hal ini menjadi mimpi buruk dan mereka akan sangat kaget mendapati ular dari lubang yang mereka urek.

Jika anda resah ketika ngurek dan tak tahu apakah lubang belut atau ular, di bawah ini akan kami sajikan tentang ciri ciri khusus lubang belut di habitatnya dengan mudah, sehingga bisa menentukan lubang yang mana yang bisa di pancing dan didalamnya terdapat belut, berikut ciri ciri lubang belut ular dan kepiting.

Ciri ciri lubang belut (bedakan dengan lubang ular dan kepiting)

#1. Lubang belut biasanya berbentuk bulat dengan tekstur lubang sangat halus.
#2. Lubang belut terdapat air di dalamnya (jika lubang berada di darat tidak terendam air)
#3. Suhu air dalam lubang berbeda dengan suhu air diluar lubang, suhu didalam biasanya cenderung lebih dingin dibandingkan dengan yang diluar lubang.
#4. Lubang belut mengarah kebawah tidak kesamping atau ke atas.
#5. Pada lubang belut biasanya terdapat sisa makanannya seperti cangkang keong (tidak selalu)

Ciri ciri lubang kepiting

#1. Lubang kepiting berbentuk gepeng (tidak bulat) dengan tekstur tidak terlalu lembut.
#2. Lubang kepiting biasanya dipinggirnya terdapat gundukan tanah.
#3. Pada bagian sekitar lubang terdapat bangak lubang yang saling berhubungan.
#4. Lubang mengarah kesamping atau ke atas, ada juga yang kebawah namun akan berbelok juga kesamping atau ke atas.
#5. Terdapat air dalam lubang (ada juga yang tidak) 

Ciri ciri lubang ular

#1. Lubang ular biasanya berbentuk bulat atau gepeng namun didalamnya bulat dengan tekstur lubang  halus hampir sama dengan belut sekilas.
#2. Lubang ular biasanya tidak terdapat air di dalamnya, ada juga yang terdapat.
#3. Lubang ular biasanya mengarah kesamping nyerong atau ke atas.

*ciri-ciri lubang di atas adalah lubang ular, kepiting dan belut di lokasi basah yang kadang kita perkirakan sebagai spot ngurek.
*kadang ada lubang yang dianggap mirip dengan lubang belut namun isinya ular kadut.

Baca Juga : Ciri ciri lubang yang ada belutnya

Ciri-ciri lubang yang kami sajikan di atas merupakan hasil pengelompokan berdasarkan pengalaman ngurek kami, dan sebagian dikombinasikan dengan arahan para master ngurek, intinya jika mendapatkan lubang yang berbeda dengan ciri di atas jika ragu maka jangan di pancing, namun jika yakin dan berani silahkan saja di pancing, jika sudah lama melakukan ngurek maka akan sangat mudah menentukan jenis lubang yang cocok untuk di urek dan yakin di dalamnya terdapat belut besar atau sidat.

Ciri ciri lubang belut besar di sawah, rawa, selokan, kali, empang kolam balong, cara membedakan lubang belut ular dan kepiting,  ngurek belut,  mancing belut,  pancing belut,  cara ngurek belut,  umpan buatan untuk belut,  mancing belut sawah,  mancing induk belut.

Tag : Ciri ciri lubang belut besar di sawah, rawa, selokan, kali, empang kolam balong, cara membedakan lubang belut ular dan kepiting,  ngurek belut,  mancing belut,  pancing belut,  cara ngurek belut,  umpan buatan untuk belut,  mancing belut sawah,  mancing induk belut.
Ciri ciri lubang belut besar di sawah, rawa, selokan, kali, empang kolam balong, cara membedakan lubang belut ular dan kepiting,  ngurek belut,  mancing belut,  pancing belut,  cara ngurek belut,  umpan buatan untuk belut,  mancing belut sawah,  mancing induk belut.

Intinya pengalaman merupakan guru yang paling berharga, jadi jam terbang dan keseringan menjadikan pengetahuan lebih dalam tentang memebdakan lubang belut, ular dan kepiting.

Suka video mancing belut??? silahkan kunjungi youtube FLO FA Channel

Terimakasih telah membaca dan mengunjungi blog sederhana kami, semoga bermanfaat.
Cara mudah membedakan lubang belut, kepiting dan ular (ciri-ciri khusus)...

Subscribe to receive free email updates: