Jenis Kerusakan Mesin Pom Mini Pertamini Dan Cara Mengatasinya

Beberapa masalah yang sering terjadi pada mesin pom mini atau pertamini digital dan cara mengatasinya.

Agen dan distributor mesin pompa bensin mini atau pertamini yang sudah lama melakukan proses perakitan dan penjualan unit mesin pom mini pasti sudah sangat kenal dengan jenis kerusakan yang sering terjadi pada mesin alat jualan bensin eceran canggih rakitan ini, meskipun sudah di siassati sedemikian rupa untuk meminimalisr terjadinya kerusakan dan error pada mesin pom mini, namun kendala pada sebuah mesin masih sering terjadi, hal ini sngat lumrah karena memang berbagai jenis kerusakan mesin memang dipengaruhi dari cara menggunakan mesin, tingkat daya listrik, cuaca dan masih banyak penyebab lainnya.

Bagi para pengusaha pom mini yang sudah lama menjalnkannya sudah tidak asing dengan penyakit pom mini, namun bagi yang baru memiliki mesin atau baru pertama kali merakit mesin pom mini maka bisa membuat jengkel jika terjadi kerusakan pada mesin pom mini digital, yang paling menjengkelkan adalah jika kita sebagai penjual mesin dan terus mendapat keluhan dari konsumen yang membeli mesin kepada kita namun mesin terus terusan rewel, hal ini sangat merugikan bagi pemilik mesin pom mini yang tidak bisa melakukan jualan bensin dikarenakan mesin sering ngadat dan tidak berfungsi, juga kepada penjual unit mesin yang harus bolak balik service mesin pom mini akibaat sparepart pom mini pada mesin tersebut.

Baca juga :
Jenis kerusakan pompa pom mini dan cara memperbaikinya
Cara merawat CPU pom mini agar lebih awet dan tahan lama

Saat ini mungkin saja anda merupakan salahsatu orang yang memiliki keluhan terhadap mesin pom mini yang anda miliki sehingga sampai pada postingan ini, atau anda yang kebetulan membaca postingan ini secara tidak sengaja, silahkan lanjutkan membaca untuk mengetahui berbagai jenis kerusakan pada mesin pom mini dan cara mudah mengatasinya, beberapa jenis kerusakan ada yang bisa di perbaiki dengan tanpa mengganti bagian komponen atau ada juga yang memerlukan penggantian atau upgrade komponen pom mini.

Beberapa masalah yang sering terjadi pada mesin pom mini dan cara mengatasinya yang akan kami sajikan berikut ini tidak semuanya kami tulis, postingan kali ini hanya beberapa bagian jenis kerusakan saja, karena memang masih banyak kendala di lapangan yang sering terjadi pada mesin pom mini dan belum sempat kami tulis, namun jangan hawatir karena setiap permasalahan dan solusi yang baru kami temui terkait pertamini akan kami update selalu di postingan ini, jadi bagi anda yang kebetulan memiliki masalah pada mesin pom mini dan belum menemukan solusinya, silahkan kunjungi blog kami dikemudian hari, semoga saja sudah kami update.

Oke, agar tidak terlalu panjang lebar, berikut beberapa masalah kerusakan yang sering terjadi pada mesin pom mini , asal penyebab masalah dan cara mengatasinya.

# CPU tidak menyala sama sekali, penyebabnya sangat bergam, namun yang paling dominan adalah dari bagian ic program yang tidak berfungsi atau pasokan listrik dari trapo tidak normal, cara mengatasinya dengan mengganti trapo yang baru dan jika masih tidak menyala maka ganti ic program iu cpu.

# Display tidak mau berjalan saat mengisi BBM, penyebabnya rusak pada bagian sensor pom mini, cara mengatasinya dengan cara memeriksa bagian socket sensor pom mini, memriksa bagian isi sensor dan membersihkannya, jika ternyata sensor berfungsi normal namun di cpu tersebut masih tidak berfungsi maka kemungkinan besar jalur cpu bagian sensor rusak dan bersihkan saja.

# Pompa tidak menyala, penyebabnya kapasitor pompa kuran stabil, ganti kapasitor atau ganti dengan pompa yang baru.

# BBM tidak mau keluar setelah tekan #, penyebabnya adalah bbm tidak tersedot pompa, cara mengatasinya dengan cara memancing bbm sama persis dengan memancing pompa air biasa.

# Layar segmen berkedip atau angka sebagian tidak menyala, penyebabnya jalur segmen ada yang terputus atau ic segmen rusak, periksa jalur di bagian belakang segmen dan bersihkan atau ganti dengan ic yang baru jika jalur dalam kondisi normal.

# Muncul tulisan error contac service pada layar cpu, penyebabnya ic program rusak dan cara mengatasinya mengganti ic dengan yang baru.

# Layar segmen sering berkedip kedip ketika mengisi bbm, masalahnya pada bagian grond atau trapo kabel ada yang rengat, cara mengatasinya sangat mudah periksa bagian trapo (bagian socket dan solderan) jika ada yang rengat silahkan di solder ulang, jika masih terjadi maka kemungkinan ground dan buatlah ground pda bagian casing pom mini.

# BBM keluar atau menetes meskipun noozle sudah di tutup, penyebabnya ada bagian sambungan pipa yang bocor dan noozle bocor, cara mengatasinya periksa bagian sambungan rangkaian mesin dan kencangkan, kemudian cek noozle dan membuka bagian dalamnya, kemudian kencangkan per di dalam noozle.

# Muncul keterangan stock bmm habis ketika mau mengisi bbm, penyebabnya belum memasukan atau entry stock pada cpu pom mini, cara mengatsinya dengan cara memasukan stock ebntry di cpu dengan cara tekan kode 1001 # lalu masukan jumlah stock sesuai yang dimasukan pada tangki lalu tekan *.

# Pompa terus menyala meskipun sudah selesai isi bbm dan sudah tekan *, penyebabnya kapasitor di cpu bocor (bagian untuk pompa), cara mengatsinya ganti kapasitor.

# Tulisan di display kecil cpu pom mini memnjadi redup, penyebabnya karena sudah terlalu lama digunakan atau terkena langsung sinar marahari, cara mengatsinya adalah dengan memutar tremport di bagian belakang layar (jika di pasang) sampai tulisan muncul kembali.

# BBM sulit keluar setiap pagi hari atau sat mesin baru di nyalakan, penyebab dari bagian klep (tabo) atau dari sambungan yang bocor, cara mengatsinya adalah dengan memeriksa bagian tabo, dan jika sudah tidak rapat maka ganti dengan yang baru, namun jika tabo masih normal namun masih terjadi sulit mengeluarkan bbm maka periksa bagian sambungan mesin yang biasanya ada yang bocor.

# Sering jebol ic program , salahsatu penyebabnya adalah tahanan ic rusak dan harus diganti, juga terdapat kode eror yang dimasukan biasanya adalah kode pada harga, usahakan pada cpu pom mini jangan menetapkan harga 9800 karena angka tersebut adalah angka kode erorr.

#Tulisan pada display lcd cpu pudar atau kurang jelas, cara mengatasinya putar bagian tremport di belakang lcd atau tepatnya di pinggir ic program (jika menggunakannya) jika tidak maka ganti komponen yang sejenis tremport.

Untuk saat ini, kami cukupkan sekian dulu tentang beberapa masalah yang sering terjadi pada mesin pom mini dan cara mengatsinya, selanjutnya akan kami update untuk melangkapi beberapa permasalahan yang belum kami tulis, semoga bermanfaat. Terimakasih.

kode pom mini, kode reset pom mini, cara setting pertamini digital, cara kerja pertamini manual, cpu pom mini error?, cara merakit pertamini manual, cara perbaiki pompa pertamini, cara kalibrasi pertamini, pertamini resmi pertamina, legalitas pertamini, pertamini legal, syarat membuka pertamini, undang undang pertamini, harga pertamini digital makassar, distributor pertamini digital makassar, bahaya pertamini.
Tag#kode pom mini, kode reset pom mini, cara setting pertamini digital, cara kerja pertamini manual, cpu pom mini error?, cara merakit pertamini manual, cara perbaiki pompa pertamini, cara kalibrasi pertamini, pertamini resmi pertamina, legalitas pertamini, pertamini legal, syarat membuka pertamini, undang undang pertamini, harga pertamini digital makassar, distributor pertamini digital makassar, bahaya pertamini.

Kadang terdapat pula kendala kendala yang diluar teori dengan cara mengatasi yang berbeda, yang bisa saja terjadi kebocoran atau masalah pada pompa sehingga cara mengatasinya harus benar benar disesuaikan dengan kendala yang dihadapi atau dengan cara service pom mini.

Cara mengatsi berbagai permasalahan trouble yang terjadi pada  mesin pom mini dalam bentuk rekaman video, silahkan subscribe di channel youtube teknik yt
Jenis Kerusakan Mesin Pom Mini Pertamini Dan Cara Mengatasinya...

Subscribe to receive free email updates: