Mengetahui Jenis Kerusakan dan Cara Memperbaiki Pompa Mesin Pom Pertamini Digital Rakitan

Cara Memperbaiki Pompa BBM - Pompa BBM merupakan mesin motor penggerak yang mampu menghisap dan menjalankan bbm keluar dari penampungan ke tengki kendaraan yang akan kita isi, pada dasarnya pompa yang digunakan pada sebuah unit mesin pom bensin mini rakitan adalah pompa air yang sedikit di modifikasi dari kipas atau baling balingnya yang menggunakan bahan plastik di rubah menjadi kipas dengan bahan kuningan logam, dan sedikit mengganti sil dan klep klep karet menjadi sil yang lebih kuat dan tahan minyak, sehingga jika digunakan pada bahan bakar minyak maka akan dengan kuat menahan cairan keluar.

Pompa BBM yang digunakan pada sebuah mesin pom mini digital biasa disebut dengan pompa husus BBM namun sebenarnya pompa husus bbm belum terdapat beredar banyak di pasaran, oleh karena itu kebanyak perakit mesin pom mini digital menggunakan pompa air sebagi alat hisap bbm dari penampungan. Bagi para perakit mesin pom pertamini digital, kerusakan pada pompa BBM merupakan hal yang mungkin pernah ditemui dan kejadian ini harus bisa disikapi dengan cepat sebelum ahirnya memutuskan untuk mengganti komponen pompa secara keseluruhan, dengan cara memahami dan mengetahui cara memperbaiki pompa bbm dan mengenal jenis jenis kerusakan pada pompa.

Jika anda merupakan pengusaha produksi untu mesin pom pertamini digital maupun manual, maka harus mengetahui tentang jenis jenis kerusakan pada setiap komponen perlengkapan sparepart mesin pom mini yang terpasang, bagi perakit mesin pom mini, kerusakan pada setiap komponen memang harus dipahami dengan seksama dengan tujuan ketika ada komplain dari konsumen maka akan dengan sigap kita layani.

Pada kesempatan kali ini blog sederhana "Cara Aku" akan berbagi tips cara mengatasi pompa bbm dan mengenal tentang jenis jenis kerusakan pada pmpa BBM, agar tidak terlalu berbelit beli maka langsung saja pada kerusakan dan cara memperbaiki pompa BBM.

1. Motor tidak dapat dioperasikan, 
penyebabnya adalah:
* Pemasangan steker yang keliru atau salah.
Cara Memperbaiki adalah dengan cara memasang steker dengan benar sesuai petunjuk ( hal ini bisa dilakukan oleh pemilik pompa)
* Thermal Protector, cara memperbaikinya jika motor terlalu panas maka tidak dapat dioperasikan dan tunggulah 20 - 30 menit barulah jalankan pompa  ( hal ini bisa dilakukan oleh pemilik pompa).
* Steker putus, cara memperbaikinya adalah dengan mengganti steker baru (lakukan oleh pihak penjamin garansi atau penjual pompa)
* Kerusakan pada motor, cara memperbaikinya adalah dengan cara menghubungi penjual pompa atau penyedia garansi pompa.
* Sumber tegangan pompa terlalu kecil, cara mengatasinya adalah menghubungi PLN ( hal ini bisa dilakukan oleh pemilik pompa).

2. Motor berfungsi namun tidak ada reaksi memompa,
Penyebabnya adalah:
* Kendala Pada Man keadaan bbm lebih rendah dari standar yang ditentukan, cara mengatasinya adalah dengan cara memeriksa keadaan dan isi cairan BBM  pada tengki penampungan ( hal ini bisa dilakukan oleh pemilik pompa).
* Udara tersedot ke dalam pipa penghisap, cara mengatasinya adalah dengan cara memeriksa sambungan pipa dan sambungkan kembali dengan rapat dengan menggunakan lem atau siltape ( hal ini bisa dilakukan oleh pemilik pompa).
* Udara tersedot masuk ke dalam pompa melalui mechanicahal seal, cara mengatasinya adalah dengan cara ganti dengan mechanichal seal yang baru (lakukan oleh pihak penjamin garansi atau penjual pompa).

3. Poma beroperasi meskipun tidak ada penekanan pada noozle gun.
Penyebabnya adalah:
* Cairan BBM bocor pada sambungan pipa atau pompa, cara memperbaikinya adalah dengan cara memperbaiki kebocoran (lakukan oleh pihak penjamin garansi atau penjual pompa).
* Kebocoran pada mechanichal seal, cara mengatasinya adalah dengan cara ganti dengan mechanichal seal yang baru (lakukan oleh pihak penjamin garansi atau penjual pompa).

4. Thermal protector berhenti terlalu cepat.
Penyebabnya adalah:
*  Impeller melekat dengan komponen lain, cara mengatasinya adalah dengan cara  perbaiki kerusakan pada pompa dengan menghubungi penjamin garansi (lakukan oleh pihak penjamin garansi atau penjual pompa).
* Sumber tegangan terlalu rendah atau terlalu tinggi, cara mengatasinya adalah dengan cara cari informasi dengan bertanya pada PLN ( hal ini bisa dilakukan oleh pemilik pompa).
* Terjadi hubungan singkat pada kapasitor (rusak) pompa hanya mau beroperasi jika dibantu star dengan pancingan manual, cara mengatasinya adalah dengan cara ganti capacitorrnya hubungi penjual pompa (lakukan oleh pihak penjamin garansi atau penjual pompa).

cara memperbaiki pompa air yang lemah cara memperbaiki sanyo yang tidak keluar air cara memperbaiki pompa air shimizu pompa air mati total cara memperbaiki pompa air tidak menyedot cara memperbaiki pompa air yang konslet kapasitor pompa air shimizu cara memperbaiki pompa air shimizu yang macet

cara memperbaiki pompa air yang lemah cara memperbaiki sanyo yang tidak keluar air cara memperbaiki pompa air shimizu pompa air mati total cara memperbaiki pompa air tidak menyedot cara memperbaiki pompa air yang konslet kapasitor pompa air shimizu cara memperbaiki pompa air shimizu yang macet

Nah itulah beberapa penyebab kerusakan yang sering dan terjadi pada pompa bbm mesin pom pertamini digital, punya mesin pertamini rusak?? Daerah Sekitar Tasikmalaya hubungi layanan service pertamini, semoga bermanfaat.
Mengetahui Jenis Kerusakan dan Cara Memperbaiki Pompa Mesin Pom Pertamini Digital Rakitan...

Subscribe to receive free email updates: